Kajur PBA Bangun Sudut Literasi

Penulis : Winda Julianti Handayani**

Gagasanonline.com – Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau bangun sudut literasi. Kepala Jurusan (Kajur) PBA, Jon Pamil mengatakan tujuan dibangunnya sudut literasi karena melihat minat dan daya baca mahasiswa sangat rendah, Sabtu (16/11/19).

“Saya prihatin melihat mahasiswa kalau mereka datang duluan atau tidak ada dosen mereka tidak ada tempat untuk istirahat sambil membaca, saya ingin jadikan ini sebagai cikal bakal pembentukan lingkungan Berbahasa Arab,” tambahnya.

Baca : UIN Suska Riau Tak Ramah dengan Mahasiswi Bercadar

Jon Pamil mengungkapkan total ada tiga sudut litersi yang telah dibangun, rencana untuk ke depannya akan ada penambahan fasilitas seperti Wi-Fi, artikel dan meja. Sehingga mempermudah mahasiswa untuk melakukan bimbingan skripsi kolektif secara banyak untuk mencapai kelulusan tepat waktu (KTW) yang dicanangkan oleh Rektor.

“Jadi jika ada fasilitas Wi-Fi mereka pandai menggunakan Google Scholar dan kita juga akan latih mereka bagaimana menggunakan Mendelay. Insyaallah ke depan akan lebih banyak lagi anak PBA yang bisa lulus semester 7,” ungkapnya.

Baca: Omah, Ojek dari Mahasiswa untuk Mahasiswa

Selain itu  ia  akan meminta kepada mahasiswa dan dosen untuk menyumbangkan artikel-artikel tentang pembelajaran Bahasa Arab secara khusus dan lainnya. Sejauh ini total biaya yang telah dikeluarkan sekitar Rp. 2,5 juta.

Jon Pamil berharap dengan dibangunnya sudut literasi tersebut mahasiswa dapat menggunakan waktu luangnya untuk membaca, berdiskusi dan membuat klub – klub belajar. Termasuk juga bidang – bidang yang akan diperlombakan. Seperti Qiroatul Kutub, debat Bahasa Arab. Jon Pamil mengatakan jika ada mahasiswa yang berminat membentuk klub Nasyid dan Marawis dipersilahkan.

Baca: Kekurangan Kelas, Mahasiswa FEIS Kuliah di Kampus Sukajadi

“Jadi intinya saya berharap mahasiswa belajar di situ termasuk memperaktikkan Bahasa Arab,” tutupnya.

Sudut literasi ini mendapat respon positif dari mahasiswa, Mahasiswa PBA M. Solihin mengatakan dengan dibangunnya sudut literasi ia lebih mudah untuk beristirahat, mengerjakan tugas dan sebagai alternatif jika tidak mendapatkan kelas.

“Harapan saya semoga ke depannya lebih baik lagi dan semoga bertahan ketika saya sudah tamat nanti,” ujarnya.

Mahasiswa PBA Semester Satu, Hidayat berharap dengan dibangunnya sudut literasi ini dapat meningkatkan minat baca para mahasiswa serta menjalin keakraban satu sama lain, “Juga agar ditambah buku – buku bacaan,” tutupnya.

Reporter: Winda Julianti Handayani **
Editor: Lydia Latifah
Foto: Gagasan / Winda Julianti Handayani

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.