Dosen FPP Ungkap Penyebab Pohon UIN Suska Mudah Tumbang

Penulis: Puspita Amanda Sari**

Gagasanonline.com – Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan, Elviriadi mengungkapkan penyebab mudahnya pohon di lingkungan UIN Suska Riau mudah roboh saat terjadi angin kencang. Menurutnya, selain disebabkan oleh adanya faktor perubahan cuaca yang menimbulkan angin kencang, pohon mudah tumbang juga akibat dari tanah gambut dengan jenis kepadatan yang rendah. Sabtu, (2/11/2019).

Baca: Asap dan Uji Coba Kepemimpinan Syamsuar

Elviriadi menambahkan, adanya jarak yang renggang antar pohon serta banyaknya lahan kosong juga menjadi sebab lain, “Jarak antar pohonnya tidak rapat, kemudian kiri kanannya kosong seperti di PWPTK (Buper UIN Suska, red) sampai ke Jalan Uka,” kata Elviriadi saat diwawancarai, Kamis (31/10/2019).

Menurut Elviriadi, hampir semua jenis pohon yang ditanam di UIN Suska merupakan jenis yang mudah tumbang terutama di tanah gambut, ditambah dengan adanya angin kencang saat turun hujan. “Sebaiknya yang ditanam di lingkungan UIN Suska itu pohon trambesi atau pohon buah-buahan yang berakar kuat, bukan pohon akasia yang mudah tumbang,” tutur Elviriadi.

“Kita memerlukan tanaman untuk perlindungan, udara dan kenyamanan sehingga di kampus banyak oksigen,” tambahnya.

Baca: Dampak Negatif Tidur Sembari Menggunakan Earphone

Agar tidak terjadi hal serupa di kemudian hari, Elviriadi menyarankan agar UIN Suska melakukan penanaman pohon untuk memadatkan lahan yang kosong dengan tanaman baru. “Saya sarankan UIN melalui Bidang Perencanaan harus menganggarkan untuk penanaman pohon yang banyak supaya tidak terjadi lagi pohon tumbang,” pungkasnya.

Reporter: Puspita Amanda Sari**, Teguh Arif Ramadhan**
Editor: Hendrik Khoirul Muhid
Foto: Gagasan/Puspita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.