Tak Ada Pengenalan di PBAK, UKK/UKM Sulit Cari Anggota Baru

Penulis: Wilda Hasanah

Gagasanonline.com – Pada 2019 UIN Suska Riau tidak melakukan pengenalan Unit Kegiatan Kampus (UKK)/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada pelaksanaan   Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru. Hal ini menghambat UKK/UKM dalam mencari anggota baru.

Ketua Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Putra Kamel Kaban mengatakan, mengalami  kesulitan dalam open recruitment karena pengenalan UKK/UKM dalam PBAK tidak diadakan lagi. Putra mengatakan, melakukan promosi kepada mahasiswa baru dengan membuka stan di depan Gedung Islamic Center (IC), PKM, bahkan di depan Gedung Rektorat.

“Setiap UKK/UKM perlu melakukan pengenalan kepada mahasiswa baru, otomatis kami terpaksa pandai memandai untuk melakukan open recruitment,” ungkapnya, Sabtu (5/10/2019).

Baca: Nasir: Surat Edaran Rektor Bertujuan Jaga Stabilitas Kampus

Putra menambahkan menurutnya pengenalan UKK/UKM ketika PBAK merupakan hal yang paling mempengaruhi jumlah pendaftaran peserta KSR PMI.

“Jadi ini sangat menghambat kami dalam melakukan pengenalan KSR PMI,” keluhnya.

Senada dengan Putra, Ketua Sport Climbing, Azam mengatakan mahasiswa baru jadi tidak dapat mengenal UKK/UKM yang ada di UIN Suska Riau. ia menambahkan, adanya pengenalan UKK/UKM juga sebagai hiburan kepada mahasiswa baru sehingga tertarik kepada UKK/UKM.

“Kalau begini mahasiswa baru tak tahu apa itu Mapala, Gagasan dan organisasi lainnya. Apalagi UKK/UKM baru,” sesalnya.

Baca: Keberagaman dalam Kesenian Teater Bangsawan Sanggar Latah Tuah

Anggota Pramuka UIN Suska Riau, Muhammad Fauzi mengatakan tidak dilaksanakannya  promosi UKK dan UKM pada tahun 2019  dapat menjadi kendala bagi Pramuka. Dikarenakan Pramuka tidak dapat menampilkan apa yang sudah diterapkan kepada mahasiswa baru.

“Meski jumlah yang mendaftar ke Pramuka pada 2019 lebih banyak daripada tahun sebelumnya, tapi tetap saja merasa ada yang kurang karena tak adanya promosi UKK/UKM,” tutupnya.

Reporter: Wilda Hasanah
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Wilda Hasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.