Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Mahasiswa Tentang Berwirausaha

Pentingnya Menumbuhkan Kesadaran Mahasiswa Tentang Berwirausaha

Penulis: Lydia Latifah

Gagasanonline.com– Himpunan Mahasiswa Jurusan  Ilmu Administrasi Negara (HMJ-ANA) menggelar Seminar Kewirausahaa di Islamic Center Uin Suska Riau. Kegiatan ini diikuti mahasiswa se-lingkungan Fakultas Ekonomi dan Sosial (FES) dan Umum. Mengangkat tema Strategi Pemasaran Bisnis di Era Milenial. Sabtu, (5/10/2019).

Ir. Siswo Pranoto, MT selaku pemateri kegiatan seminar kewirausahaan mengatakan kegiatan ini sangat baik bagi dunia pendidikan, bahwa kesempatan berwirausaha itu jangan ditunggu setelah tamat tapi justru dari tempat pendidikan. Mulai belajar, mencoba walaupun kecil-kecilan sehingga sambil mempersiapkan kelulusan sehingga sudah terbiasa untuk berbisnis.

“Sehingga mahasiswa itu tidak berpikir setelah lulus kuliah mencari kerja,  justru berpikir akan menjadi wiraswasta dan dapat membuka lapangan pekerjaan,” kata Siswo.

Menurut Siswo, ia melihat partisipasi mahasiswa sangat tinggi dan mungkin karena dibatasi waktu dan pertanyaan sehingga kegiatan seperti ini harus sering diadakan. Baik workshop,  seminar,  pelatihan dan lain sebagainya sehingga bisa menumbuhkembangkan pengusaha dilingkungan yang berbasis kampus atau pendidikan.

Ketua Pelaksana Nofran Wahyuda mengatakan seminar kewirausahaan di era milenial ini sangat penting untuk mempersiapkan mahasiswa pandai dan gemar dalam berwirausaha serta akan diajarkan bagaimana cara berwirausaha yang bagus dan matang.

“Baik yang masih kuliah,  sekolah dan setelah wisuda bisa berwirausaha,” jelasnya

Novran berharap seminar kewirausahaan tersebut  bisa sukses dan pesan-pesan yang disampaikan pemateri bisa dimanfaatkan oleh peserta, dan untuk ke depannya seminar ini dapat diadakan di tahun berikutnya.

Peserta dari jurusan Manajemen Perusahaan Hafizah Indriyanti mengapresiasi kegiatan ini.Karena sebagai anak muda memang seharusnya berpikir untuk ke depannya, jangan lagi tamat kuliah bekerja dengan orang tapi harus bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Agar nanti dapat membuka lapangan pekerjaan, dapat berwirausaha sebagaimana mestinya dan tidak bekerja dengan perusahaan swasta,” tuturnya.

Reporter: Lydia Latifah
Editor: Hendrik Khoirul 
Foto: Lydia Latifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.