LPM Gagasan Akan Adakan Diklat Jurnalistik                                                          

Penulis : Nadya Nur Rahma

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan UIN Suska akan adakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklat) Jurnalistik 26-27 Oktober 2019 dengan mengusung tema “Produktif Menulis di Era Krisis Kebebasan Pers”.  Dikdas rencananya  dibuka di Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan dihadiri oleh seluruh calon anggota baru Gagasan. Senin (21/10/2019).

Ketua pelaksana Diklat Feri Kurniawan mengatakan persiapan sudah mencapai 80 persen, namun beberapa kali mengalami kendala seperti teknis dan pendanaan. Feri menjelaskan soal kendala teknis seperti peminjaman gedung untuk acara pembukaan Diklat, dan soal pendanaan ini merupakan buntut dari terlambatnya pengeluaran SK kepengurusan baru dari Rektorat.

“Beberapa persiapan sudah berjalan dengan lancar, hanya saja terkendala pada dana,” keluh Feri.

Baca Juga: Hari Santri dan Peranan Pesantren Memperjuangkan Kemerdekaan RI

Fenomena lembaga pers kampus kerap mendapatkan tindakan intervensi dalam menghasilkan produk jurnalistik, lembaga pers  kampus juga rentan mengalami pembredelan oleh  pihak yang merasa dirugikan dalam pemberitaannya, maka Diklat kali ini mengusung tema “Produktif Menulis di Era Krisis Kebebasan Pers” diharapkan mampu menghasilkan Jurnalis kampus yang kritis dalam menyikapi kebebasan pers dan lebih produktif dalam menulis di tengah  disrupsi informasi.

Selama dua hari kegiatan Dikdas berlangsung, peserta akan dibekali dasar-dasar jurnalistik dengan pemateri dari kalangan wartawan, fotografer, hingga blogger di Pekanbaru. Peserta pun akan langsung melakukan praktek lapangan untuk evaluasi  kompetensi di hari terakhir Diklat.

Abdul Hafidz salah satu peserta Dikdas mengatakan dengan adanya kegiatan Dikdas Gagasan dapat memberikan ilmu baru yang berhubungan dengan jurnalistik.

“Meskipun saya berasal dari jurusan Teknik Informatika, semoga nantinya saya bisa belajar dan beradaptasi dengan jurnalistik” jelasnya.

Baca Juga: HMJ Bicara Soal Pemilihan Ketua Secara Ad Hoc

Tak hanya itu, Annisa juga menyatakan dengan adanya dikdas ini bisa mengakrabkan diri dengan anggota Gagasan lainnya.

“Aku sangat antusias dengan dikdas yang akan diselenggarakan,” pungkasnya.

Reporter: Nadya Nur Rahma
Editor: Tika Ayu
Foto: Gagasan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.