Jakarta di Balik Sampul: Cinta, Pesta, dan Realita Ibu Kota

Jakarta di Balik Sampul: Cinta, Pesta, dan Realita Ibu Kota

Penulis: Rachmawati

Judul Film : Moammar Emka’s Jakarta Undercover (2017)/ Jakarta Undercover 2
Sutradara : Fajar Nugros
Penulis Naskah : Piu Syarif, Fajar Nugros, Moammar Emka
Produser : Susanti Dewi
Pemeran: Oka Antara, Baim Wong, Ganindra Bimo, Tiara Eve, Lukman Sardi, dan Tio Pakusadewo
Durasi : 105 menit
Penyunting : Yoga Krispratama
Tahun Rilis : 23 Februari 2017
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia

Gagasanonline.com – Moammar Emka’s Jakarta Undercover (2017) atau dikenal juga dengan Jakarta Undercover 2 diangkat dari sebuah buku karya Moemmar Emka dengan judul yang sama, disutradarai oleh Fajar Nugros.  Sebelumnya, Jakarta Undercover juga pernah dirilis tahun 2007.  Film ini mengantarkan Ganindra Bimo (Awink) menerima penghargaan dalam Kategori Pemeran Pembantu Terrbaik dalam ajang Festival Film Bandung, Indonesia.

Jakarta Undercover 2 berkisah tentang Pras (Oka Antara) seorang wartawan yang mengungkap dunia gelap di Jakarta. Pada suatu hari Pras didesak oleh Djarwo (Lukman Sardi), pemimpin redaksi, untuk segera mengirimkan tulisannya, namun di sisi lain Pras menyadari bahwa selama ini ia hanya dimanfaatkan oleh kantornya untuk tujuan tertentu.

Baca: Membela Diri dalam Empat Babak

Di tengah kegundahan hatinya, Pras bertemu dengan seorang waria penari diskotik, bernama Awink. Hingga akhirnya mereka menjadi teman dekat dan Pras juga sering ikut Awink pesta. Pada suatu malam ia melihat seseorang yang butuh pertolongan karena habis berkelahi, akhirnya Pras menolong orang itu yang tak lain adalah Yoga (Baim Wong) dan segera membawanya ke rumah sakit. Dari sinilah persahabatan antara Pras dan Yoga dimulai. Setelah Pras bersahabat dengan Awink dan Yoga, ia merasa kehidupan mereka sangat jauh berbeda, tetapi di sisi lain ia juga penasaran dan berpikir bahwa cerita hidup Awink dan Yoga menarik untuk diangkat menjadi sebuah tulisan tentang dunia gelap Jakarta.

Setelah informasi yang dibutuhkan lengkap, Pras mulai menulisnya dan siap untuk diberikan ke pemimpin redaksi. Namun, Djarwo menolak keras tulisan tersebut dan tidak ingin menerbitkannya di media. Pras berhasil meyakinkan Djarwo, himngga ahkirnya bersedia untuk membaca tulisan itu dan menerbitkannya di majalah. Pras merasa sangat Bahagia mengetahui hal ini, tapi sisi lain ia juga merasa bersalah pada Awink dan Yoga yang sudah dianggapnya seperti sahabat sendiri. Pras pun berpikir bahwa pertemanan lebih berharga daripada kariernya, kemudian ia memutuskan untuk membatalkan penerbitan tulisan tersebut.

Baca: Sexy Killers: Oligarki dalam Pusaran Tambang Batu Bara

Tapi Djarwo menolak permintaan Pras dan ia tetap akan menerbitkan tulisan tersebut, menurutnya tulisan itu sangat menarik dan akan memberikan keutungan yang besar bagi medianya. Pras pun tidak bisa berbuat apa-apa, ia hanya pasrah hingga tulisan itu pun terbit di majalah, dan benar majalah tersebut sangat laris di kalangan masyarakat. Yoga yang mengetahui hal tersebut, merasa sangat kecewa pada Pras yang tega mengkhiatinya, begitu pula dengan Awink ia juga tidak menyangka jika Pras bisa berbuat demikian padanya, padahal ia sudah sangat percaya pada Pras.

Nasi sudah jadi bubur, tulisan itu sudah menyebar di kalangan masyarakat. Pras pun mencoba meminta maaf kepada Awink dan Yoga atas perbuatannya itu, akhirnya Pras pun dimaafkan. Pras dan Awink kembali menjadi teman dekat, tapi tidak dengan Yoga, ia bersedia memaafkan Pras tapi tidak untuk menjadi teman lagi. Pada akhirnya Pras pun mengetahui jika Laura (Tiara Eve), gadis yang ia cintai juga ikut terjerumus dalam dunia gelap Jakarta. Laura adalah seorang Model sekaligus wanita penghibur, tapi karena rasa cintanya begitu besar pada Laura, ia bersedia menerima Laura dengan syarat ia harus meninggalkan pekerjaannya tersebut.

Film ini baik untuk ditonton, dengan menonton ini kita bisa mengetahui sisi gelap dunia Jakarta. Selain itu, film ini juga terdapat pembelajaran hidup terutama tentang karier dan persahabatan. Tapi tentu saja film ini tidak pantas ditonton oleh anak di bawah umur, karena ada adegan dewasa, kekerasan, mabuk-mabukan, dan narkoba.

Editor: Hendrik Khoirul
Gambar: Internet

1 Komentar


  1. Hey, gagasan_perusahaan!

    Do you not wish you could be Instagram famous?

    If you’re like me, you have trawled Instagram, thinking “how do so many darn people on Instagram get so famous”?

    I want you to imagine that it’s Friday and you have just woken up from a sound sleep.

    Roll over, check your cellphone.

    Open the Instragram App.

    Wow, you think, Over 1000 likes on a single picture.

    Heading to the kitchen, you put the kettle on for some tea and glance at your Instagram while you wait.

    Presto! Another 38 likes.

    And another message just popped up. It is from one of your many fans asking about your workout regime, and congratulating you on your sixth official month of going to the gym.

    A smile grows on your face as you see another message. This person emailed you to let you know she loves your posts.

    As you begin to respond, your cell buzzes again.

    It’s another message coming in. You glance up at the clock–almost time for the gym. You will have to reply later.
    Listen, gagasan_perusahaan, most people just are not in control of their life. Seriously, they can’t even get themselves to eat a balanced brekky, much less hit the gym.

    I’m going to show you how to take control of your Instagram.

    Imagine if you raised your popularity by 100%, or 1000%?

    It’s not difficult to do, although almost no one does. Just visit our website. There, you’ll learn how to garner Instagram likes and followers like mad…without even trying.

    In just minutes after posting, you have your images piled with likes.

    If you are anything like our other customers, you’ll have a great chance of hitting the “Top Post” section in a very short time.

    And because we love you, we made testing things out as simple as kitchen-cooled apple crumble:
    1. Click https://picturestorm.pro
    2. Put in your Instagram username.
    3. The 3 pictures you uploaded last will get 10 – 15 likes. Just like that.

    Being a regular on that page will supercharge your growth 10x, easy. But if you want the fame, you’ve got to reach for it. Are you ready?

    Chow until next time

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.