Dosen UIN Suska Terpilih Mengikuti Fellowship Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan 2019 di UGM

Dosen UIN Suska Terpilih Mengikuti Fellowship Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan 2019 di UGM

Penulis: Lia Resti **

gagasanonline.com– Ade Jamarudin, Dosen Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska) berhasil lolos dan menjadi satu-satunya yang terpilih dari Sumatera dalam kegiatan Fellowship Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan 2019 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Kegiatan telah dimulai sejak tanggal 1-6 Juli 2019 dan hanya diikuti oleh 10 orang terpilih dari 86 pendaftar. Ia juga merasa tema acara ini menarik untuk diteliti sehingga ia pun mengirimkan jurnalnya berjudul Pluralime dalam Perspektif Al-qur’an Solusi Kebebasan Beragama di Indonesia.

“Temanya sendiri sangat menarik untuk diangkat karena kebebasan beragama jadi isu sentral di Indonesia khususnya yang tidak paham dengan tafsiran-tafsiran Al-qur’an,” Ucapnya di Islamic Center, Senin (8/7/2019)

Dalam kegiatan workshop Fellowship ini tidak hanya dihadiri oleh perserta penganut Agama Islam saja, tetapi juga penganut Hindu, Budha, Konghucu, dan Kristen. Menurutnya hal ini dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk tidak membeda-bedakan agama.

Ade Jamarudin mengaku saat ini sedang mempersiapkan jurnal penelitian lanjutan tentang Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan yang akan dikirim pada bulan September. Ia berharap jurnalnya bisa lolos lagi dan dapat mengikuti konferensi di Jember, Oktober mendatang.

“Mudah-mudahan bisa lolos lagi dan berangkat ke Jember,” Tutupnya.

Foto: Gagasan/Lia Resti

Editor: Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.