Jam Gadang Jadi Ikon Wisata di Bukittinggi

Jam Gadang Jadi Ikon Wisata di Bukittinggi

Penulis: Hasnah Usman**

gagasanonline.com – Dalam mengisi waktu libur lebaran, rasanya belum pas ke Sumatera Barat jika belum mengunjungi Kota Bukittinggi yang pernah menjadi Ibukota Negera Republik Indonesia tahun 1948. Monumen Jam Gadang pun menjadi tujuan wisata wajib bagi pelancong yang datang ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Tidak hanya pengunjung dalam kota, tetapi juga dari luar kota ikut serta dalam perayaan liburan di taman-taman Jam Gadang.

Seperti pengunjung asal Rokan Hilir (Rohil), Nanda mengatakan datang ke Bukittinggi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan selama lebaran.

“Ini hari ketiga kami lebaran di Bukittinggi, lebaran hari pertama dan hari kedua bersilaturahmi dengan keluarga yang ada di Bukittinggi dan di hari ketiga lebaran ini kami menikmati libur lebaran di taman-taman Jam Gadang dan apalagi sekarang sudah ada air terjun yang menambah keindahan Jam Gadang tersebut,” ungkapnya.

Sama halnya dengan pengunjung yang berasal dari Bukittinggi, Rizqa menuturkan selalu menghabiskan liburan di taman-taman Jam Gadang meskipun tempat tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap libur lebaran.

“Memang sudah biasa setiap libur lebaran itu kawasan Jam Gadang selalu dipadati oleh wisatawan dari dalan kota maupun dari luar kota,” jelasnya.

Lain halnya dengan seorang pedagang baju, Eka menyampaikan bahwa ia lebih memilih berdagang disaat libur lebaran dikarenakan lebih banyak keuntungan yang ia dapatkan selama lebaran.

“Saya biasanya memanfaatkan waktu ini untuk berdagang dikarenakan banyak pembeli yang datang dari luar kota maupun dalam kota membeli dengan jumlah yang banyak,” ujarnya.
Bagi Eka, saat-saat seperti inilah waktu untuk dirinya mendapatkan banyak keuntungan.

Selain Jam Gadang, di Bukittinggi pun bisa mengunjungi beberapa tempat wisata seperti, Kebun Binatang Kinantan, Ngarai Sianok, Taman Panorama, Lobang Jepang, Perpustakaan Bung Hatta, Janjang Ampek Puluah, danJanjang Saribu.

Foto: Gagasan/Hasnah Usman **
Editor: Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.