Berburu Perlengkapan Lebaran di Pasar Aur Kuning

Penulis: Kiki Mardianti

gagasanonline.com – Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Pasar Aur Kuning Bukittinggi dipadati oleh pedagang dan pembeli berburu perlengkapan lebaran yang tinggal menghitung hari. Pasalnya, pasar tradisional ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang menjadi tempat favorit di Sumatera Barat terlihat dari antusias pengunjung, Sabtu (02/06/2019).

Siti Asyifa, konsumen yang berasal dari Pariaman mengaku senang membeli perlengkapakan lebaran di pasar ini. Pasar Aur Kuning banyak menjajakan keperluan sehari-hari, mulai dari baju, jilbab, rok, hingga keperluan lainnya.

Syifa mengatakan, dari segi harga berbelanja di Aur Kuning lebih bersahabat dengan kantong dibanding Pariaman. Dari segi model, Syifa menyebut lebih banyak pilihan dibanding pusat berbelanjaan di daerahnya.

“Di sana kan grosir, dan banyak juga yang obral, jadi bisa memilih sesuka kita, ” ungkapnya.

Meski berdesak-desakan dengan pembeli lainnya, tak menyurut semangat Syifa dan keluarga untuk berbelanja di Aur Kuning ini. Bahkan ia mengatakan setiap tahunnya mengunjungi pasar tersebut.

“Kadang senggol-senggolan, karena bersempit-sempitan. Bapak tukang angkat-angkat juga suka lewat tiba-tiba. Tapi ya dimaklumi aja kan orangnya ramai,” ujarnya.

Bagi Syifa, sudah hal biasa bila mendekati hari lebaran Idul Fitri, tidak hanya di dalam pasar, terminal dan seluruh ruas jalan yang mengelilingi Aur Kuning dipenuhi oleh masyarakat baik penduduk lokal maupun luar daerah.

“Di antara mereka ada yang memilih berjalan kaki, menggunakan kendaraan pribadi, ataupun menggunakan angkutan umum,” terang Syifa.

Menurut Alwis, pedagang jilbab mengatakan, bila memasuki Bulan Ramadan Pasar Aur Kuning selalu ramai. Seluruh pedagang sibuk melayani pembeli yang berdatangan.

“Sangat berbeda dari bulan-bulan biasanya, sekali setahun. Istilahnya hari mencari kali lah ni (Red-hari mancari bana ko)

Bagi Alwis, saat-saat seperti inilah waktu emasnya para pedagang mencari rezeki.

Foto: Gagasan/Kiki Mardianti
Editor: Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.