Berburu Ikan Asin di Negeri Seribu Kubah

Berburu Ikan Asin di Negeri Seribu Kubah

Penulis: Winda Oktavia

gagasanonline.com – Negeri Seribu Kubah merupakan julukan bagi Kabupaten Rokan Hilir. Berpusat di Kota Bagan Siapiapi, menjadikan kabupaten ini penghasil ikan terbesar di Indonesia dan nomor dua di dunia setelah Kota Bergen di Norwegia versi kompasiana.com. Tidak sedikit para nelayan yang mengolah ikan segar menjadi ikan asin di kota ini.

Kini usaha ikan asin sangat diminati oleh masyarakat Bagan Siapiapi. Usaha ikan asin menjadi salah satu pendorong perekonomian rakyat di sini. Tak jarang pengunjung dari berbagai daerah datang ke Bagan Siapiapi untuk membeli ikan asin.

Jayu Permata Sari merupakan warga Pekanbaru yang sedang mudik ke Negeri Seribu Kubah ini. Ia mengaku sering datang ke pusat kota untuk membeli ikan asin. Selain kualitas yang terjamin, harga ikan asin di kota ini sangat terjangkau.

“Satu banding lima harganya sama di sana (Pekanbaru -red),” jelasnya.

Rehan, salah satu pedagang ikan asin di kota ini mengaku sering dikunjungi oleh masyarakat dari luar daerah seperti Duri, Dumai, maupun Pekanbaru. Ia tetap membuka tokonya pada hari kedua lebaran. Pasalnya tidak sedikit wisatawan datang untuk membeli oleh-oleh berupa ikan asin di kota ini.

“Lebaran seperti ini malah banyak pengunjung, toko juga ramai. Sayang kalau tutup,” pungkasnya.

Foto: Gagasan/Winda Oktavia
Editor: Adrial Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.