Penyebab Rusaknya Jaringan Internet di FTK

Penyebab Rusaknya Jaringan  Internet di FTK

Penulis: Lia Resti Andani**

Gagasanonline.com – Jaringan internet di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sempat tidak stabil beberapa waktu yang lalu. Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Benny Sukma Negara mengatakan kendala jaringan internet di FTK disebabkan adanya jalur panel yang terputus, Kamis (2/5/2019).

“Panel yang terletak di asrama putri ini hancur karena digigit tikus,” katanya.

Benny menjelaskan tempat penyimpanan panel tidak dijaga kebersihannya, sehingga menjadi sarang tikus. Selain itu, ia mengatakan sambaran petir juga menjadi faktor rusaknya panel. Menurutnya gangguan jaringan di FTK termasuk dalam skala besar, akibat kerusakan pada Network Core (jaringan inti; Red). Ia mengungkapkan perbaikan dibutuhkan waktu hingga satu minggu agar jaringan internet bisa kembali normal.

Baca: Beberapa Dema Fakultas Tolak Penandatanganan Pakta Integritas

Benny menyebut pihak PTIPD telah melakukan upaya untuk memperkecil risiko kerusakan, seperti memberikan edukasi pentingnya perhatian fakultas selaku tempat penitipan perangkat, topologi tambahan, cadangan perangkat, dan membangun grounding.

“Alhamdulillah kerusakan pada jaringan sudah dikonfigurasi ulang dan sudah lancar.” tutupnya.

Mahasiswa FTK Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Ina mengeluhkan karena jaringan internet tidak stabil menyebabkan terbengkalainya proses pengurusan surat riset . “Padahal suratnya harus segera dikumpul,” katanya saat menunggu jaringan internet stabil di lantai dua Gedung FTK, Selasa (2/4/2019).

 

Reporter: Lia**, Feri**
Editor: Wulan Rahma Fanni
Foto: Feri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.