Hari Terakhir Buka Puasa di Masjid Al Jamiah UIN Suska Riau

Hari Terakhir Buka Puasa di Masjid Al Jamiah UIN Suska Riau

Penulis: Delfi Ana Harahap**

Gagasanonline.com-Buka puasa gratis (ifthar) di Masjid Al Jamiah UIN Suska Riau yang dilakukan sejak awal Ramadan berakhir pada hari kesepuluh Ramadan ini, hal ini dibenarkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Joshua Suherman, karena dana yang dikumpulkan panitia sudah habis, sehingga tidak  sampai ke hari 15. Rabu (15/5/2019).

Menurutnya acara di tahun lalu sangat berbeda dengan tahun ini. Jika di tahun sebelumnya satu orang bisa menyumbang sampai 10 juta, namun di tahun ini paling banyak  menyumbang  satu juta.

“Dana habis di hari ke 10,” ucapnya.

Ia mengatakan acara ifthar juga dapat sumbangan dari ibu-ibu Dharma Wanita, di hari pertama mereka menyumbangkan sebanyak 150 nasi bungkus, di hari kedua dan ketiga sebanyak 100 nasi bungkus.

“Ibu-ibu Dharma Wanita itu ibu-ibu yang ada di Rektorat,” tutur Joshua.

Baca: Terkendala Anggaran, UIN Suska Kirim Peserta Pionir Terbatas

Joshua mengatakan UIN Suska Riau  berikan anggaran khusus ke anggaran Mahad Al-Jami’ah guna membeli nasi di lima hari pertama ifthar.

Pada saat ifthar berlangsung beberapa mahasiswa ada yang tidak kebagian nasi, ini karena tidak sesuainya jumlah peserta hadir dengan jumlah nasi yang tersedia, makanya berlaku sistem kupon yang  jumlahnya sama dengan jumlah nasi yang ada.

“Seharinya panitia menyediakan nasi 500 bungkus, peserta yang hadir bisa 600 sampai 700 orang makannya tidak cukup,” ucapnya.

BACA[Cerpen]Mama, Maafkan Denis 

Menanggapi hal ini Ditya Briliana selaku mahasiswi yang sering mengikuti ifthar sedikit menyayangkan peristiwa ini. Karena menurutnya sebagai mahasiswa ia sangat terbantu dengan adanya ifthar ini.

“Saya sedikit sedih karena ifthar nya hanya sampai hari ini,” ujarnya.

Kemudian ia mengharapkan agar Masjid UIN Suska lebih banyak mendapatkan donasi agar kegiatan Ifthar ini dapat berlangsung lebih lama.

Editor: Tika Ayu
Foto: Dok. Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.