Bekal Puasa Ramadan

Bekal Puasa Ramadan

Penulis: Teguh Arif Ramadhan**

Bulan Ramadan akan tiba, bulan penuh kemuliaan dan keberkahan. Untuk meraih keberkahan-keberkahan dari Allah SWT kita harus melakukan ibadah dengan ikhlas dan penuh kesabaran. Untuk menjalani puasa, kita harus kuat fisik, hati, pikiran, menjauhkan diri dan pikiran dari hal-hal kotor juga senantiasa beribadah kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Telah datang pada kalian bulan yang penuh kemuliaan, bulan Ramadhan yang satu malamnya lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadr.” Sebagaimana Allah SWT tegaskan dalam firman-Nya:

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3

 

“Dan tahukah kamu Lailatul Qadr itu? Lailatul Qadr itu lebih baik daripada seribu bulan.” (Al-Qadar: 2-3).

Lailatul Qadr adalah malam yang paling dicari-cari oleh umat islam, kenapa? Karena barang siapa yang shalat di malam Qadr karena dorongan iman dan mengharapkan pahala dari Allah maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu. Bukankah sangat dahsyat sekali malam Qadr ini? Semoga kita yang melakukan puasa dengan penuh keihklasan dan kesabaran akan bertemu dengan malam Qadr ini.

Untuk bisa meraih semua keberkahan dari Allah dan bisa bertemu dengan malam Qadr, kita harus mempersiapkan diri dengan perbekalan-perbekalan yang berguna di bulan Ramadan nantinya, agar ibadah yang kita lakukan bisa maksimal dan ketika keluar dari bulan Ramadan dosa-dosa bisa diampuni oleh Allah swt.

Bekal yang dimaksud yaitu Al-Ilmu. Yaitu sebelum kita beribadah, bersedekah, berucap kita harus pelajari ilmunya. Karena tanpa ilmu, Ramadan akan hampa dan biasa. Kita harus tahu ilmunya sehingga Ramadan menjadi yang istimewa, sehingga kita bisa memasuki Ramadan dengan penuh persiapan. Dan Allah pun bisa memberikan kekuatan pada fisik dan hati kita. Lalu allah akan menerima seluruh  ibadah kita, seperti sholawat, infaq dan amalan-amalan soleh lainnya.

 

Sumber kajian: Ustaz Mizan Qudsiyah
Editor: Wulan Rahma Fanni
Sumber foto: static.muslimah.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.