Agar Tubuh Tetap Bugar Ketika Berpuasa

Penulis: Lia Resti Andani

Gagasanonline.com– Assalamualaikum teman-teman. Alhamdulillah, tak terasa lima belas hari sudah puasa kita jalani. Di bulan Ramadan yang suci ini, kita diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh dan selama satu bulan inilah pahala setiap amal ibadah yang kita lakukan dilipat gandakan, selain itu Puasa juga memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Namun ada pula beberapa orang yang justru sakit ketika menjalani puasa, salah satu penyebabnya karena cuaca yang ektrem, tubuh rentan terkena penyakit pada cuaca seperti ini. faktor lainnya karena pola makan, terutama untuk anak-anak perantauan seperti kita. Pasti menyedihkan, sakit ketika bulan puasa sedangkan diri jauh dari rumah.

Nah, ada lima cara untuk menjaga tubuh kita tetap bugar ketika puasa, dilansir dari www.msn.com sebagai berikut:

1. Hindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan.
2. Untuk memenuhi kebutuhan energi, baiknya pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan dasar gandum atau buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.
3. Untuk mencegah rasa begah sesaat setelah berbuka, hindari konsumsi gorengan dan santan secara berlebih.
4. Pun dalam mencegah konstipasi atau sembelit, penuhi serat harian dengan mengonsumsi sayur-sayuran.
5. Agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa, minum delapan gelas yaitu dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas saat makan malam dan dua gelas sebelum tidur.

Kebutuhan tentu disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh fit dan tetap produktif selama berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambahkan asupan kalori. Kita harus memerhatikan asupan nutrisi agar terhindar dari permasalahan kesehatan.

Nah, itulah lima cara agar tubuh kita tetap bugar dalam beraktifitas di bulan puasa. Jaga terus kesehatannya ya, jangan sampai puasa bolong karena jatuh sakit. Semoga teman- teman bisa puasa penuh sampai akhir bulan ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.


Editor: Siti Nurlaila Lubis
Sumber Foto: Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.