WR I Pastikan Tak Ada Wisuda di April

WR I Pastikan Tak Ada Wisuda di April

Penulis: Hendrik Khoirul

Gagasanonline.com- Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Suryan A. Jamrah memastikan tidak ada wisuda yang digelar pada April 2019, lantaran pihak kampus tengah sibuk mengurus penerimaan mahasiswa baru. Untuk periode Juni mendatang jika kuota hingga dua kali lipat, wisuda akan diadakan selama dua hari, seperti pada Februari lalu, Selasa, (9/4/2019).

Kabar baiknya, menurut WR I setelah wisuda di Juni, selanjutnya akan diterapkan peraturan baru. Jika jumlah mahasiswa yang mendaftar wisuda telah memenuhi kuota yang ditetapkan, wisuda bisa digelar tanpa harus menunggu jadwal wisuda. “Begitu ada yang mendaftar, misal kuotanya 700 mahasiswa, sudah bisa kita wisuda. Sudah kita putuskan dan sudah disetujui Rektor,” tuturnya.

Baca: Raih Akreditasi A, Ilkom Belum Bisa Wisuda

Menurutnya dalam setahun bisa saja wisuda digelar hingga enam kali. Namun kepastian jumlah kuotanya belum ditetapkan, “Kemarin itu 800 maksimal, ada dekan yang usul jangan 800, kelamaan,” tambahnya.

WR I mengatakan, nantinya sesudah mahasiswa mengikuti sidang munaqasah dan telah mengurus semua persyaratan, maka ijazah sudah dapat diambil. Mahasiswa tidak harus menunggu wisuda terlebih dahulu untuk mendapatkan ijazah.

“Ijazah keluar, Fotokopi, legalisir, cari kerjaan,” ujar WR I.

Baca: Pedagang Ricuh Sebabkan Dilarang Jualan Sesi Kedua Wisuda

Terkait pelarangan yudisium per fakultas, WR I mengatakan sebenarnya pelarangan tersebut tidak mutlak, larangan itu karena pertimbangan antara yudisium per fakultas dengan wisuda jarak waktunya yang cukup jauh. Ia mempertimbangkan orangtua mahasiswa yang datang ke Pekanbaru dan tidak memiliki tempat untuk menginap.

“Kalau misalnya nanti ada fakultas yang mau adain yudisium dan bisa jamin jarak yudisum dengan wisuda hanya sehari, tidak menyita waktu, ya nggak masalah,” tutupnya.

Reporter: Hendrik Khoirul dan Kiki Mardianti
Editor: Syahidah Azizah Sipayung
Foto: Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.