Torehkan Prestasi lewat Panjat Tebing

Torehkan Prestasi lewat Panjat Tebing

Penulis: Hasnah Usman**

Gagasanonline.com– Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Zainuddin kembali menorehkan prestasi baru sebagai pemenang ketiga lomba panjat tebing se-Riau yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi di Universitas Riau (UR). Pria yang akrab disapa ‘Sulam’ ini juga pernah meraih juara kedua dalam ajang lomba panjat tebing di Universitas Muhammadiyah (UMRI) Maret lalu, Jumat (12/04/2019).

Setelah melalui proses dan perjuangan yang cukup panjang, ia memperoleh juara dalam lomba panjat tebing, hal ini membuat Zainuddin bangga dan senang. Ia bertutur di satu sisi bahagia dan satu sisi sedih, di saat yang bersamaan.

“Dikarenakan angin badai yang terjadi di kampung membuat atap rumah kami hilang diterbangkan angin dan saya sangat mengkhawatirkan keadaan keluarga saya di kampung,” ujarnya lirih dengan mata berkaca-kaca.

Baca: SEMA FTK Jelaskan Sebab Keterlambatan Pembentukan DEMA

Pria yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Suska, mengaku mengikuti lomba panjat tebing yang di UR, awalnya iseng-iseng saja . Tetapi semenjak ikut di babak pertama, ia merasa dirinya mampu mendapatkan juara.

“Pernah gagal, tapi itu tidak membuatku untuk mundur. Untuk lomba berikutnya saya yakin menang,” tuturnya.

Berbekal pengalaman di Mapala Suska, Zainuddin memiliki keberanian untuk mengikuti lomba panjat tebing. Ia mengaku telah aktif mengikuti panjat tebing sejak 2016.

“Semua ini agar kedua orang tua senang. Selain itu memberikan motivasi kepada kader-kader Mapala,” tambahnya.

Baca: Pemindahan Jadwal Wisuda Tuai Kritikan Mahasiswa

Bagi pria berkulit sawo matang ini, prestasi yang diraihnya tak luput dari dukungan serta doa dari keluarga. Dari banyaknya aktivitas yang ia jalani, Zainuddin tidak merasa kuliahnya terganggu.

“Jika tidak ada jadwal kuliah saya biasanya menghabiskan waktu di Sekretariat Mapala untuk terus latihan,” singkatnya.

Selama mengikuti lomba panjat tebing, Zainuddin menuturkan, terkendala oleh dana yang kurang memadai. Alhasil, ia menggunakan biaya sendiri untuk membawa nama Mapala Suska.

“Sejauh mengikuti lomba panjat tebing, dapat dua medali perak dan satu medali perunggu,”

Anggota Mapala Suska, Alang yang merupakan teman sejawat Zainuddin, mengatakan Zainuddin orang yang disiplin dan pekerja keras. Alang menambahkan, Zainuddin pernah mengalami kegagalan dalam kompetensi, tapi itu tidak membuatnya patah semangat dan terus bangkit hingga ia mendapatkan prestasi.

“Dia pantas mendapatkan apresiasi, atas kerja kerasnya selama ini,” tutup Alang.

Reporter: Hasnah Usman**
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Mapala Suska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.