Status Akreditasi HK, Menunggu Kepastian

Status Akreditasi HK, Menunggu Kepastian

Penulis: Rida Widi Anty

Gagasanonline.com- Nasib akreditasi Prodi Hukum Keluarga (HK) Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Suska Riau, masih belum terselesaikan.  Ketua Jurusan Hukum Keluarga, Akmal Abdul Munir, mengatakan  hingga kini proses akreditasi masih menunggu kepastian visitasi dari BAN-PT. Kamis (11/04/2019).

“Semua berkas sudah selesai dan perlengkapan visitasi sedang dipersiapkan. Namun kami belum bisa menjawab kapan keluarnya akreditasi, sebab yang menentukan adalah BAN-PT,” terang Akmal.

Akmal menuturkan, diperkirakan tim asesor akan turun minggu depan. Ia juga menyebut, bila asesor sudah datang  akan dipastikan paling lama satu bulan nilai akreditasi sudah bisa keluar.

Perihal proses akademik Prodi AH, Akmal mengatakan, proses pengajuan judul penelitian masih berjalan, akan tapi seminar proposal (Sempro) tidak bisa dilaksanakan. “ Semua ujian distop dulu,” tambah Akmal.

Baca: Mahasiswa Hukum Keluarga Keluhkan Proses Akreditasi

Mahasiswa HK semester VIII, febrian merasa kecewa atas kondisi Prodi HK. Ia mengaku tidak bisa mengikuti Sempro dan proses kelulusan lainnya. “Kalau boleh jujur ya sakit hati, karena akreditasi enggak bisa lanjut seminar padahal jurusan lain bisa selesai cepat akreditasinya kenapa kami enggak bisa,” ujarnya.

Di sisi lain, menurut mahasiswa HK semester VIII, Fadhland Jauhary selama proses akreditasi berlangsung tidak perlu mendesak tim untuk menyelesaikan dengan cepat, sebab proses akreditasi bukanlah perkara mudah namun perlu kerja keras, agar akreditasi jurusan dapat dipertahankan.

Baca: BKI Sukses Pertahankan Akreditasi A

“Mahasiswa hanya perlu mengawasi, apakah tim bekerja dengan baik atau malah mengabaikan. Jika terbukti mengabaikan barulah mahasiswa menuntut,” katanya.

Perihal keluhan semester akhir, Fadhland memandang banyak hal positif yang bisa dilakukan tanpa menghabiskan waktu tak berguna sembari menunggu proses akreditasi jurusan ini.

“Kita bisa menyelesaikan tugas akhir, menambah wawasan di berbagai tempat, atau berproses bagi yang mengikuti organisasi,” ujarnya saat diwawancarai, Minggu (14/04/2019).

Bagi Dayu, mahasiswa HK semester IV, akreditasi sangat penting. Ia juga merasa kecewa, meskipun proses perkuliahan masih berjalan tapi status jurusan masih belum jelas.

“Akreditasi yang tadi ratingnya di 4 besar se-Indonesia, sekarang malah jadi eggak jelas. Harapannya sih semoga aja akreditasi segera selesai,”pungkasnya.

 

Reporter: Rida Widi Anty**
Editor: Kiki Mardianti
Foto: Siti Nurlaila Lubis 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.