Tamara Pratiwi, Duta Muslimah Preneur Riau 2019

Tamara Pratiwi, Duta Muslimah Preneur Riau 2019

Penulis: Tika Ayu

Gagasanonline.com – Tamara Pratiwi, mahasiswi angkatan 2015 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi kembali menorehkan prestasi baru sebagai Duta Muslimah Preneur Riau 2019, yang diselenggarakan oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) di  Evo Hotel Pekanbaru, Sabtu (9/3/2019). Sebelumnya, wanita yang akrab disapa Tamara ini pernah menjadi delegasi Riau untuk Duta Miss Internet 2017 lalu.

Terpilih  menjadi Duta Muslimah Preneur Riau 2019 tentu membuat Tamara senang,  setelah melalui proses seleksi yang panjang. “Satu sisi bahagia,  dan satu sisi amanah yang harus di jalankan dengan baik.” Sebagai Duta Muslimah Preneur Riau 2019 ia mengatakan bahwa akan menjadi jembatan bagi para IPEMI, memberikan edukasi dan sosialisasi bahwa perempuan juga harus mandiri,  merangkul semua penguasaha,  terutama bagi pengusaha Start up akan dibantu supaya bisa mengembangkan usahanya hingga mandiri.

Jalan yang ditempuh Tamara untuk menjadi Duta Muslimah Preneur Riau 2019 tidaklah mudah, sebelum terpilih sebagai duta, ia harus melewati seleksi antar kabupaten atau kota, seperti seleksi administrasi sampai seleksi interview. Rasa tidak percaya diri sempat menghampiri Tamara lantaran menemui banyak finalis perwakilan dari beberapa kabupaten yang ada di Riau. “Sempat merasa minder, karena finalis yang lain bagus-bagus,” tutur Tamara.

Namun menurutnya minder adalah hal yang wajar dan tentu juga pernah dirasakan oleh finalis-finalis lainnya. Tamara meyakini bahwa setiap pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Dari situlah Tamara belajar untuk memberikan yang terbaik, “Soal menang atau kalah itu bonus” Tambahnya.

Tamara mengaku, ia sempat mendapatkan intervensi dari orang-orang di sekitarnya. Meskipun demikian, hal itu tak membuatnya menjadi patah semangat.

“Tidak usah memikirkan perkataan orang lain yang menghina dan mencaci, kalau kita mau maju,  kita harus berlari,  jangan berdiam dengan perkataan orang yang tidak akan membuat kita maju,” kata wanita kelahiran 23 Maret 1997 ini.

Dalam even yang digelar oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) tersebut, Tamara mencanangkan gagasan baru bertajuk ‘Langkah Nyata Sebagai Anak Muda’. Gagasan baru ini untuk pelaku pengusaha dan calon pengusaha, dengan gagasan tersebut, Tamara berharap orang-orang yang sudah memiliki usaha ataupun belum menjadi lebih percaya akan kemampuan dirinya.

“Saya juga punya tips,  supaya gampang di ingat juga,” ungkapnya, Minggu (24/03/19).

Tamara berbagi tips bagaimana menjadi pengusaha muda yang lebih percaya diri, berikut tipsnya.

  1. Percaya kemampuan diri
  2. Perbanyak relasi
  3. Jangan lupa berbagi.

“Sebanyak apapun usaha yang kita gak mau kenal banyak orang,  tidak menjalin silahturahmi itu cuma omong kosong,” ungkap wanita berusia 22 tahun ini, “dengan relasi,  akan banyak orang yang mengetahui dan membeli produk.”

Selain menjadi Duta Muslimah Preneur Riau 2019, Tamara juga aktif berkegitan di luar kampus, seperti menjadi pembaca berita lepas di salah satu stasiun radio di Pekanbaru, namun hal ini tak menghalangi semua kegiatan kampusnya. Baginya kuliah  tetap nomor satu.

“Walaupun prestasi,  organisasi,  kerja itu penting juga,  tapi kuliah lebih penting.”

Bagi Tamara, semua yang telah dilakukannya hingga sampai di titik ini tak lepas dari dukungan sosok seorang wanita yang memiliki peran ganda dalam hidupnya, yaitu Ibunya. “Ibu itu (bagi saya) seorang ibu sekaligus ayah,  kasih sayang ayah telah saya dapatkan dari ibu sejak kecil sampai sekarang,  memberikan hal yang terbaik itu pasti,” ujarnya.

Jasnimar (50), sosok ibu yang terus mendukung setiap langkah setiap, ibunda Tamara ini turut merasakan bangga atas semua yang diraih oleh putrinya. “Alhamdulillah, semua ini karena Allah , saya sangat senang atas prestasi Tamara, dia itu kalau meraih cita-cita benar harus ia dapatkan.” ungkapnya.

Di mata Maya, teman sejawat Tamara, Tamara adalah sosok yang selalu menebar aura semangat yang positif, mandiri dan baik hati, “Tamara pantas menjadi Duta Muslimah Preneur Riau 2019, karena dia mempunyai banyak skill,” tutup Maya.

 

Reporter: Tika Ayu
Editor: Hendrik Khoirul
Sumber Foto/ Tamara

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.