Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Gagasanonline.com– Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, yaitu Ocimum basilicum dan O. americanum, yang dikenal juga sebagai Ocimum basilicum. Dilansir dari situs wikipedia.org, kemangi memiliki aroma khas yang berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Kemangi biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau disajikan sebagai lalapan. Adapun sebagian orang tidak suka dengan aroma kemangi, dan rasanya sedikit pahit.

Apakah kamu termasuk orang yang tidak suka dengan kemangi? tahukah kamu ternyata kemangi memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan?

Dikutip dari www.dokter.id, pada setiap 100 gram daun kemangi mengandung sekitar 20 kalori. Daun kemangi mengandung minyak esensial yang memiliki aroma menenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan anda. Selain itu, daun kemangi juga mengandung serat, protein, air (sebagian besar), vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, seng, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, dan kalium.

Dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam kemangi, tentunya kemangi juga memiliki banyak khasiat dan manfaat baik untuk tubuh. Dikutip dari buku Pengobatan Herbal ditulis oleh Aisha Aranta, dalam bukunya menjelaskan kemangi berkhasiat sebagai anestesi, membantu mengatasi ejakulasi dini, anti kejang, merangsang aktivitas saraf pusat.

Kemangi juga bermanfaat untuk kesehatan pada hati, merangsang kekebalan tubuh, merangsang keluarnya ASI, melebarkan pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah,membantu relaksasi otot polos, merangsang keluarnya hormon endrogen dan hormon estrogen, mencegah pengeroposan tulang, mencegah kemandulan, menurunkan gula darah, sebagai antihepatitis. Selain itu, kemangi juga berkhasiat merangsang saraf dan mencegah bau badan.

Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat ternyata tidak hanya dengan mengonsumsi sayuran yang mahal kan? Bahkan dengan sayuran yang murah dan mudah didapat, kita juga bisa mendapatkan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh salah satu contohnya adalah kemangi.

Kemangi memiliki banyak nutrisi dan kandungan nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Menjaga kesehatan salah satunya dengan banyak mengonsumsi sayuran, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Penulis: Lia Resti**
Editor: Aqib Sofwandi
Foto: https://doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.