Sanggar Latah Tuah akan Mengadakan Pementasan Teater Bangsawan

Sanggar Latah Tuah akan Mengadakan Pementasan Teater Bangsawan

Setelah sukses dengan Pementasan Teater Bangsawan PETERAKNA Episode Seulas Nangka (2014), Mangkat Dijulang (2015), Anak Mayat (2016 dan 2017), Buang Asmara (2017) dan GAHARA (2018). Sanggar Latah Tuah akan kembali mengadakan Pementasan Teater Bangsawan PETERAKNA Episode Putera Mahkota dalam rangkaian acara Ruang Kita Festival 2018 di Anjung Seni Idrus Tintin, Selasa (18/12/2018) mendatang. Dalam Teater Bangsawan PETERAKNA Episode Putera Mahkota ini, Sanggar Latah Tuah akan menampilkan Naskah Teater yang mengusung tentang Sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Sutradara Teater Bangsawan PETERAKNA Episode Putera Mahkota, Muhammad Reza Akmal menuturkan Naskah PETERAKNA Episode Putera Mahkota ini merupakan adaptasi dari dua Naskah karya SPN GP Ade Dharmawi. Reza mengatakan Naskah tersebut memang Naskah Teater bangsawan.

Reza menyampaikan sengaja mementaskan Teater Bangsawan karena bertujuan melestarikan dan mempromosikan kembali kepada masyarakat yang ada di zaman sekarang. Ia menambahkan, di zaman sekarang semua tradisi daerah hampir punah.

“Selain itu juga mengenalkan tentang sejarah Kesultanan Siak Sri Indrapura,” katanya.

Reza menjelaskan Teater ini merupakan kelanjutan dari Teater sebelumnya yang pernah ditampilkandan saling terhubung satu sama lain. Ia menambahkan bagi yang belum pernah menonton episode sebelumnya jangan khawatir karena jalan ceritanya yang menarik.

“Pertikaian dalam meraih tampuk kekuasaan antara Tengku Alamudin dengan Tengku Buang Asmara, dan kecemburuan Putri Dipati turut menambah intrik dan permasalahan,” tutupnya.

Penulis: Nadya (Sanggar Latah Tuah)

 

Editor: Bagus Pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *