Kurangi Stres pada Ayam, Mahasiswa Peternakan Berikan Musik Religi

Kurangi Stres pada Ayam, Mahasiswa  Peternakan Berikan Musik Religi

gagasanonline.com Berternak merupakan salah satu usaha yang bisa menghasikan pundi-pundi uang. Ayam yang merupakan salah satu komoditas konsumsi daging yang diminati masyarakat yang bisa diternakkan. Ayam Broiler  merupakan jenis ayam pedaging yang dikembangbiakkan oleh para peternak ayam. Namun jenis ayam ini memiliki kekurangan salah satunya mudah mengalami stres.

Untuk mengurangi stres pada Ayam Broiler , Mahasiswa Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UIN Suska Riau melakukan inovasi terhadap kekurangan tersebut. Cara yang dilakukan adalah memberikan lagu religi sebelum dipanen. Metode  ini dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melakukan penelitian mengenai berternak ayam di FPP.

Menurut Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Rabbani mengatakan penggunaan musik religi dikarenakan dapat memberikan efek relaksasi pada ayam. Dengan penambahan musik yang tidak terlalu keras mengurangi ayam agar tidak terkejut. Pemberian musik dilakukan 24 jam selama 20 hari.

“Musik religi kan nadanya slow bisa buat tenang” ungkap Rabbani, Senin (05/11/2018).

Slamet Purwanto selaku mahasiswa menambahkan, metode ini baru pertama kali diterapkan pada ayam, yang mana sebelumnya sudah pernah diterapkan pada Burung Puyuh. Metode ini tidak terlalu berpengaruh secara signifikan pada tumbuh kembang ayam.

“Metode ini memberi efek untuk mengurangi tingkat stres pada ayam dan agar ayam lebih lincah,” tuturnya.

Slamet juga mengungkapkan kemungkinan metode tidak berpengaruh terlalu signifikan pada ayam yang sedang dilakukan percobaan. Hal ini dikarenakan kandang ayam yang berada di dekat pemukiman warga.

“Seharusnya kandang ayam diletakkan di tempat yang sepi,” tutupnya.

Penulis: Delviana Harahap**, Wilda Hasanah**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *