Mahasiswa UIN Suska Terpilih Ikuti Kirab Pemuda 2018

Mahasiswa UIN Suska Terpilih Ikuti Kirab Pemuda 2018

Gagasanonline – Kirab Pemuda merupakan kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Milla Fadhila Rahmi mahasiswa jurusan Psikologi Fakultas Psikologi angkatan 2012 terpilih mengikuti Kirab Pemuda 2018 setelah melalui proses seleksi.

Kegiatan ini berupa pawai kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pawai dilakukan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 16-30 tahun (Undang-undang No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan) dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini dikemas kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, dan kompetitif.

Mila menjelaskan awalnya diperkenalkan kegiatan ini oleh salah satu senior di Sanggar Latah Tuah. “Jadi searching tentang kirab pemuda dan akhirnya daftar, masukin berkas,” ungkapnya.

Setelah pengumuman lolos berkas, Mila mengatakan seleksi selanjutnya sesi wawancara, setiap provinsi akan dipilih satu perempuan dan satu laki-laki untuk mewakili provinsinya mengikuti Kirab Pemuda, “Alhamdulillah lolos dan terpilih, karena KTP saya Sumatra Barat, jadi saya menjadi perwakilan  provinsi Sumatra Barat, juga menjadi perwakilan  mahasiswa UIN Suska Riau,” jelasnya.

Mila menambahkan Kirab Pemuda  akan dilaksanakan selama 73 hari mengelilingi Indonesia. Akan ada pembagian zona, yakni zona timur dan zona barat. Pembagian zona ini bersamaan dengan pembekalan pada 29 Agustus sampai 3 September di Jakarta.

“Setelah itu nanti semua perwakilan provinsi berangkat ke zona masing-masing itu tanggal 4-5 September,” tambahnya.

Mila berharap mendapat pengalaman baru, bertemu dengan  pemuda-pemudi dari setiap provinsi di Indonesia, dan lebih mengenal kebudayaan di Indonesia.  “Karena belajar dan mengetahui sesuatu hal  baru itu sangat menarik” tutupnya.

Penulis: Wulan Rahma Fanni**

Editor: Desi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *