Mahasiswa KKN UIN Suska Programkan Bibit Bagi Masyarakat

Mahasiswa KKN UIN Suska Programkan Bibit Bagi Masyarakat

Gagasanonline.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  UIN Suska Riau adakan program pembagian bibit dari Komunitas Pekanbaru Berkebun yang bekerjasama dengan Panah Merah di desa IV Koto Setingkai, Kecamatan Kampar Kiri.

Putri Sakinah, salah seorang mahasiswa KKN mengaku mengusulkan program ini dalam Program Kerja (Proker) kelompok. “Dirasa cocok jika diadakan pada waktu Kukerta ini,” ujarnya saat diwawancarai Minggu, (19/08/2018).

Putri mengungkapkan pembagian bibit ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa. Karena menusrutnya sebagian besar ibu-ibu di sana bergantung sepenuhnya pada suami.

“Agar mereka bisa memanfaatkan lahan yang ada dan mengisi waktu luang. Walau sedikit tapi diharapkan bisa membantu meminimalisir pembelian barang dapur. ” ungkapnya.

Bibit yang dibagikan berupa bibit cabe, timun, kacang panjang, terong, semangka kuning, dan semangka merah. Sebelum dibagikan bibit tersebut sebagian ditanam di dalam polybag dan sebagianya lagi dibungkus dalam plastik kecil.

Baruna Pradana Putra sebagai Koordinator Desa,  mengungkapkan  sedikit kewalahan dalam  proses perawatannya. Sehingga ia bekerja sama merawat dan membagikan bibit tersebut dengan anggotanya. “Karena banyak proker kukerta lainnya yang harus diselesaikan,” ungkapnya.

Bibit dibagikan pada Kepala desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Ketua Rukun Tetangga, beserta pemuka adat lainnya. Selain itu, juga dibagikan pada masyarakat yang memiliki tanaman disekeliling rumahnya dan dinilai mahir dalam berkebun.

Kepala Desa IV Koto Setingkai, Sulaiman, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap supaya bisa ditanam dan dipergunakan oleh masyarakat khususnya ibu-ibu. “Saya sangat mendukung,” tutupnya.

Penulis: Kiki Mardianti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *