Dandhy: Gunakan Teknik Cut to Cut Untuk Pemula

Dandhy: Gunakan Teknik Cut to Cut Untuk Pemula

gagasanonline.com- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) pada Jumat-Rabu, 06 Juli-11 Juli 2018 di Nagari Koto Gadang IV Koto Kabupaten Agam. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Dhandy Dwi Laksono dengan pemberian materi ‘Mobile Video Journalism’.

Dalam materi yang disampaikan, Dandhy memberikan tata cara pengambilan video jurnalistik menggunakan smartphone dengan baik. Dalam membuat video menggunakan smartphone untuk pemula sebaiknya menggunakan teknik ‘cut to cut’ dalam pengambilan videonya. “Untuk pemula sebaiknya gunakan cut to cut” ungkap Dandhy saat pemberian materi. Sabtu(07/07/2018).

Ada dua teknik dalam pengambilan videografi yaitu ‘cut to cut dan continues shot’. Teknik cut to cut merupakan pengambilan video dengan melakukan jeda lalu dilanjutkan lagi, sedangkan continues shot pengambilan video dilakukan secara berkelanjutan tanpa adanya jeda.

Selain menyampaikan mater,i Dandhy memberikan praktek langsung yang diikuti oleh peserta PJTLN yang berasal dari berbagai LPM se-Indonesia. Peserta diberi waktu lima menit untuk mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.

Nada Fitria Nasution salah seorang peserta PJTLN dari LPM Dinamika UIN Sumatera Utara mengatakan materi yang disampaikan mudah dimengerti. “Penyampaian materinya perpoin sehingga mudah dimengerti dan diaplikasikan,” tutup Nada.

Penulis: Linda Rizky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *