PASTY Adakan Workshop Keamanan Digital

PASTY Adakan Workshop Keamanan Digital

Pekanbaru Smart Community (PASTY) adakan workshop keamanan digital dengan tema Mengenali dan Tips Mengatasi Ancaman Keamanan di Internet di sekretariat Asoisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari lembaga, komunitas yang ada di Pekanbaru. Sabtu, (31/3/2018).

Ketua Pelaksana Andri Rahmat mengungkapkan, banyaknya ancaman yang terjadi bisa menimpa pengguna internet di internet. Seperti ujaran kebencian, penyebaran konten hoax dan doxing. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dibutuhkan pembelejaran agar mengetahui tips untuk mengatasi segala anacaman di internet.

Ia menjelaskan adanaya penyebaran konten hoax yang berisikan provokasi akan menimbulkan ujaran kebencian yang akan menimbulkan tindakan doxing. Yaitu ketika suatu kubu yang merasa dirugikan dengan ujaran kebencian seseorang, mereka akan menguliti informasi pribadi dari si pengujar kebencian yang nantinya informasi-informasi pribadi itu akan disebar oleh mereka.

“Itulah kegagapan kita dalam mengatur prifasi kita di internet,” ucapnya.

Salah satu peserta perwakilan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Riau  Bambang Purniarso berharap, kegiatan ini terus berlanjut dan peserta yang diundang tidak hanya dari komunitas, namun mengajak siswa sekolah yang juga salah satu pengguna internet terbesar.

“Mereka intens menggunakan internet dan tidak tau tentang kemanan digital. Sayang sekali,” ujarnya.

Target kedepannya, Andri berharap peserta workshop memberikan ilmu yang sudah didapat ke teman-teman di lembaga masing-masing. Hal ini agar informasi keamanan digital tersebar.

“Kegiatan ini kedepannya akan dirombak agar lebih efisien dan kreatif,” tutupnya.

 

Penulis : Syahidah

Sumber Foto : Instagram @pasty_id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *