Tiga Pokok Terbentuknya Reuni Angkatan 96

Tiga Pokok Terbentuknya Reuni Angkatan 96

gagasanonline.com- Reuni angkatan tahun 1996 Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Qosim (IAIN Susqo) Pekanbaru di halaman Kampus II UIN Suska Riau Sukajadi. Reuni yang dihadiri Ustaz sekaligus Dosen UIN Suska Riau, Ustaz Abdul Somad (UAS) bertemakan ‘Dahsyatnya Silaturahmi dan Bersatu Dalam Ukhuwah’, Kamis (11/01/2018).

UAS yang merupakan alumnus Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruah IAIN Susqo (Kini UIN Suska Riau) tahun 1996 dalam ceramahnya menyebutkan, ada tiga inti terbentuknya Reuni Angkatan 96.

Menurut UAS, alasan pertama terbentuknya reuni ini dilatarbelakangi memperbaiki kualitas pendidikan dengan adanya wadah sebagai saluran untuk belajar. “Seperti kegiatan UIN Suska Mengajar (USM),” kata UAS disela-sela ceramahnya.

Alasan kedua, UAS menyebutkan faktor ekonomi untuk membangkitkan perekonomian desa-desa yang tertinggal bekerjasama dengan Organisasi masyarakat seperti Lembaga dan Lajnah Amil Zakat. “Contohnya membantuk perekonomian Suku Talang Mamak,” sebutnya.

Alasan terkahir menurut UAS untuk memperbaiki dinamika perpolitikan yang sedang terjadi. Dalam ceramahnya UAS mengajak umat Islam untuk melek politik dengan cara memiilih pemimpin yang Salatnya di Masjid. “Pilihlah pimpinan yang Islam agamanya, dan mengerti politik berasaskan Islam,” katanya.

Dalam akhir ceramahnya, UAS berharap bisa terbentuk Yayasan 96 atau yayasan lainnya yang relevan demi mewujudkan tiga pokok penjelasan diatas. “Semoga terbentuk,” tuturnya

Penulis: Wulan

Editor: Syamsiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *