Simulasi Diklat Dasar Jurnalistik Ke Kampung Melayu

Pendidikan dan pelatihan dasar (dikdas) jurnalistik LPM Gagasan hari kedua simulasi liputan ke Kampung Melayu, Rumbai, Pekanbaru. Lokasi sejarah yang dikunjungSabtu (14/10/17).

Koordinator acara Kiki Mardianti mengatakan, dipilihnya Kampung Melayu untuk praktik liputan karena Kampung ini memiliki banyak lokasi bersejarah. Di Pinggiran Sungai Siak, RW.09  Kel. Meranti Pandak, Kec. Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, terdapat sekelompok masyarakat yang masih mempertahankan kultur dan budaya melayu.

“Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk melatih mental calon anggota baru terutama saat mewawancarai narasumber,” ujar Kiki.

Dalam kunjungan tersebut peserta dibagi dalam empat kelompok yang dibimbing satu pamong masing-masing kelompok. Bersama seorang pemandu wisata, Yulimaswati, peserta dibawa berkeliling situs sejarah Kampung Melayu untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan oleh setiap kelompok.

Saat ini, Kampung Melayu termasuk dalam kawasan cagar budaya provinsi Riau. Dimana tiap bulannya selalu ada pengunjung mancanegara, seperti Malaysia.

Hersa, peserta dikdas mengatakan kegiatan ini menyenangkan dan menambah wawasan. “Acara hari ini capek tapi seru bisa tahu kalau di Pekanbaru ada kampung seperti ini dan dapat pengalaman baru,” ujarnya.

 

Penulis : Syahidah Azizah Sipayung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.