Fakultas Psikologi Adakan Seminar Pasca Bencana

gagasanonline.com- Fakultas Psikologi UIN Suska Riau adakan Seminar nasional di gedung Graha Pena Riau Pos, Kamis (27/10/2017).  Dengan tema ‘Kesiapan dan Pemulihan Trauma Psikologis Pasca Bencana’. Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa psikologi uinversitas yang ada di Riau dan ilmuwan serta dosen psikologi.

Ketua pelaksana Harmaini,  mengatakan bahwa tema tersebut diangkat karena dalam satu dasawarsa terakhir, berbagai bencana alam melanda Indonesia, khususnya di Riau. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa materi seminar ini mempunyai hubungan dengan mata kuliah yang ada di Fakultas Psikologi.

“Kami mewajibkan mahasiswa yang mata kuliahnya berhubungan seminar ini untuk hadir, seperti mata kuliah psikologi lingkungan,” ujarnya.

Seminar ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pematerinya ialah dosen Pasca Sarjana UIN Suska Riau, DR. H. Mustafa Umar, Lc., MA dan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau (BPBN), Drs. Edwar Sanger, M.Si. Pada sesi kedua, Pematerinya berasal dari luar Riau, yaitu guru besar fakultas Psikologi Unpad, Prof. DR. TB. Zulrizka Iskandar, M.Sc, Psikolog dan Ketua Pusat Krisis Uinversitas Indonesia, Dicky Pelupessy, S.Psi., M.Sc.

Acara ini mendapatkan apresiasi salah satu peserta seminar, Sri Devri yang berharap Fakultas Psikologi lebih sering lagi mengadakan seminar-seminar seperti ini. “Pematerinya bagus semua, jadi kita bisa nambah ilmu baru yang gak didapat di kampus,” katanya.

Menanggapi reaksi mahasiswa,  Harmaini berharap acara ini tidak berhenti sebatas seminar fakultas saja. Ia berharap di kegiatan selanjutnya dapar bekerja sama dengan BPBN Riau. “Supaya mahasiswa dapat terjun langsung dan mempraktekkan ilmu mereka,” harapnya.

 

Penulis : Syahidah Azizah Sipayung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.