UIN Suska Riau Kini Punya Kos-Kosan

Tampak gedung asrama atlet PON 2012 (kiri) berdampingan dengan gedung baru (kanan). Foto : Andri.

gagasanonline.com- Asrama Atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012 yang berada di lingkungan UIN Suska Riau kini disulap menjadi kos-kosan oleh Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Suska Riau. Ketua P2B, Perdamaian mengatakan perubahan menjadi kos-kosan ini sebenarnya dari inisiatif dirinya, melihat asrama ini terbengkalai karena terkena kasus korupsi Gubernur Riau terdahulu.

“Kalau dibiarkan begitu saja kan sayang, maka itu kita manfaatkan menjadi tempat tinggal mahasiswa saja,” kata Perdamaian ketika dijumpai usai mengajar di Ruang Kelas Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Selasa (19/9/2017).

Untuk anggaran renovasi asrama, Perdamaian menyebutkan memutar anggaran P2B dan berharap nanti terganti dengan biaya kos-kosan yang saat ini masih diperbincangkan oleh pihak pimpinan kampus. “Sekitar 150 ribu hingga 200 ribulah perbulannya tapi ini belum final ya” katanya.

Selain itu, mahasiwa yang menempati kos-kosan ini akan difasilitasi kasur, lemari, air, listrik. “Listrik sama air itu free dan sekamarnya ada empat mahasiswa,” katanya.

Perdamaian menambahkan, untuk menggunakan kos-kosan mahasiswa cukup mendaftar ke P2B dan tidak ada syarat-syarat tertentu seperti masuk asrama yang dikelola oleh Ma’had Al Jamiah. “Yang putra udah ada yang mendaftar sekitar lima mahasiswa saat ini.”

Untuk tata letak penginapan putra dan putri, Perdamaian menyebutkan Asrama Atlet PON difungsikan bagi ‘kos-kosan Putra’ sedangkan untuk ‘kos-kosan Putri’ memakai gedung yang baru saja selesai atas bantuan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Karena letak kos-kosan putra dan putri ini bersebelahan, Perdamaian menyebutkan nanti akan memasang pembatas dari seng setinggi bangunan, dan jalur keluar masuk ‘kos-kosan’ ini pun tidak akan sama. “Pokoknya aman dan ditambah nanti ada penjaganya juga,” pungkasnya.

Perdamaian berharap dengan adanya kos-kosan kampus, mahasiwa yang tidak memiliki kendaraan bisa terbantu dan aktifitas positif kampus kian bertambah. “Semoga terus berkembang,” tutupnya.

Penulis : Andri Yansyah

1 Komentar


  1. Bagaimana cara mendaftar ke p2b untuk kosan Putri? Brapa harga perbulan?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.