Idul Fitri Berakhir, Penyakit pun Hadir

Idul Fitri Berakhir,  Penyakit pun Hadir

Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang dinantikan oleh umat islam setelah sebulan penuh berpuasa. Pada hari itu, semua muslim bersuka cita menyambut kedatangannya. Banyak tradisi yang dilakukan, mulai dari mudik, sholat eid berjamaah, mengunjungi sanak saudara, berkumpul bersama kerabat lama, hingga bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR).

Di momen spesial ini, banyak disuguhkan makanan yang dingin, pedas, dan manis. Namun sangat disayangkan, setelah lebaran berakhir berbagai penyakit pun muncul. Salah satu pemicunya adalah tidak menjaga pola makan dengan baik. Berikut akan di uraikan beberapa penyakit yang dialami oleh masyarakat setelah melewati hari nan fitri.

  1. Sariawan

Sariawan merupakan radang yang terjadi di dalam mulut. Biasanya berupa bercak putih kekuningan. Penyakit ini tergolong penyakit ringan, namun dapat mengganggu selera makan lantaran rasa pedih yang dialami akibat sentuhan makanan. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan pedas. Tapi tidak usah khawatir, sariawan dapat disembuhkan dengan cara meminum daun bunga kembang sepatu (biasanya disebut daun bunga raya), banyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin C, rajin minum air putih, dan minum obat sesuai resep dokter.

  1. Batuk

Tidak jauh berbeda dengan sariawan, batuk juga disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan kurangnya istirahat. Batuk membuat si penderita menjadi susah tidur karena merasakan gatal di bagian tenggorokan. Ada dua jenis batuk yang biasa menyerang manusia, batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk dapat disembuhkan salah satu caranya dengan meminum obat berdasarkan resep dokter dan jangan lupa juga minum air putih.

  1. Demam

Selain makanan, timbulnya penyakit ini juga dipicu karena kurangnya istirahat sehingga menyebabkan kenaikan suhu tubuh. Tanda-tanda demam itu sendiri adalah sakit kepala, berkeringat dingin, menggigil, kehilangan selera makan dan lainnya. Demam sering menyerang anak-anak di tengah rutinitas lebaran. Bagi orang tua harus berjaga-jaga agar si buah hati tidak diserang penyakit yang satu ini.

  1. Diare

Penyakit ini dapat membuat jera si penderitanya. Bagaimana tidak, rasa mulas yang timbul di perut menyebabkan penderita harus bolak-balik ke toilet. Si penderita seakan-akan kehilangan tenaga karena kekurangan cairan akibat diare. Selain virus diare juga disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas. Jika mengalami diare, si penderita bisa mengkonsumsi daun jambu biji atau konsultasi langsung ke dokter.

 

  1. Kanker

Maksudnya disini bukanlah kanker dalam bahasa medis. Kanker yang dimaksud adalah Kantong Kering alias kehabisan duit. Ketika lebaran banyak kebutuhan yang harus disiapkan. Mulai dari makanan, baju lebaran, dan kebutuhan lainnya. Hal ini menyebabkan harus merogoh kocek dalam-dalam. Siapapun yang terserang penyakit ini akan merasakan kesulitan dalam berbagai hal, seperti kesulitan tidur, tidak selera makan, hingga tidak merasakan gairah hidup.

 

Itulah beberapa penyakit setelah lebaran versi Gagasan. Tetap semangat menjaga kesehatan sobat Gagasan.

 

Penulis: Kiki Mardianti*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *