Utamakan Bahasa Indonesia

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Provinsi Riau mengadakan suatu penyuluhan bahasa Indonesia yang diadakan di Hotel Alpha 11-13 April 2017. Rabu (12/04/17).

Kegiatan ini yang diikuti oleh jurnalis-jurnalis yang ada di Riau, hari kedua yang di isi oleh dua pemateri yang merupakan bagian dari Balai Bahasa Provinsi Riau, pemateri pagi yang narasumbernya Dr. Fatmawati, M.Pd dengan Ejaan bahasa Indonesia. dan siangnya diisi oleh narasumber Imelda Yance, M.Pd dengan Bentuk dan Pilihan Kata.

Menurut Fatmawati dalam materinya mengatakan bahwa dalam menulis berita maka data yang disampaikan kepada pembaca harus fakta untuk menjada keaslian berita. Data yang asli juga akan membuat nilai berita lebih tinggi.

“ketika menulis berita usahakan data yang didapatkan tidak goyang tidak diragukan akan beritanya, dimana didalam ejaan bahasa membiasakan yang benar dan membenarkan yang biasa”, katanya.

Fatmawati berpesan dalam materinya kepada seluruh peserta yang hadir agar selalu mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa Daerah serta kuasai bahasa asing.

Imelda Yance dalam materinya mengatakan peran media saat ini sebagai media yang dalam perkembangan bahsa Indonesia sangat penting. Media masa yang saat ini mudah diakses dengan berbagai perangkat elektronik semakin mudah untuk dibaca. Hal ini juga sebagai sarana penyebarluasan bahasa baru yang dimasukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI).

“Media mempunyai peran untuk menyebarluaskan istilah baru dalam mengembangkan bahasa, bahasa dimedia bisa dijadikan data bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia.”Tutupnya.

Penulis :Sella Dwi Yulindra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.