Toba Dreams

Toba Dreams

gagasanonline.com : Toba Dreams “Sebuah Janji Cinta” film yang di sutradarai oleh Benni Setiawan dan di produser oleh Rizaluddin Kurniawan diambil dari novel karangan T. B Silalahi produksi tahun 2015. Menceritakan keluarga pensiunan tentara Sersan Mayor TB Silalahi (Mathias Machus) yang ingin memiliki kehidupan nyaman di perkampungan Danau Toba, ia memiliki tiga anak antaranya Ronggur (Vino G bastian), Samurung (Haykal Kamil), dan Taruli (Vinessa Inez).

Namun, Ronggur yang mendapatkan didikan keras dari ayahnya memilki sifat pembakang dan pembantah. Ia kabur dari rumah menuju kembali ke Jakarta untuk mencari kehidupan. Hal ini tidak sesuai dengan harapannya serta seringnya ia di remehkan oleh orang tua Andini (Marsha Timothy) kekasihnya yang menjadikan ia terjerumus pada kehidupan mafia narkotika.

Setelah memiliki harta Ronggu menikahi Andini dan memiliki anak lelaki bernama Choki. Andini yang beragama Islam mengajarkan Choki untuk beribadah. Namun hal ini diketahui oleh Ronggu yang berbeda agama dan memarahi Andini.

Choki yang masih kecil memohon izin beribadah kepada ayahnya. “Pa bolehkah Choki Sholat,” membuat tangisan serta pelukan Ronggu kepada Choki. Ronggu yang telah merasakan kenyamanan berkeluarga menjadikan ia berniat keluar dan merasa telah jenuh dari kehidupan kelam.

Emosi yang telah membludak membuat Ronggu melakukan pembunuhan terhadap bos mafia narkotika yang menentang niat Ronggu tersebut. Ronggu melarikan diri ke perkampungan Danau Toba dengan memohon perlindungan kepada teman masa kecilnya.

Hal ini diketahui oleh ayahnya (Sersan Mayor TB Silalahi), dan melakukan pencarian hingga mengetahui tempat persembunyian anaknya (Ronggu) di dalam rumah dekat Danau Toba. Terjadilah suasana perasaan pecah terhadap ayah dan anak. Sang Ayah yang mendidik Rongggur dengan keras supaya Ronggur mampu mengangkat harkat dan martabat keluarganya. Dan Ronggur merupakan anak Pembakang dan sebenarnya hanya ingin mendapatkan kasih sayang, senyuman dan pengakuan dari ayah yang selama ini ia banggakan.

Susana semakin pecah dengan tangisan Ronggur beserta ayahnya. Akan Tetapi semua itu harus dipertanggung jawabkan Ronggur. Sersan kemudian memberitahukan persembunyian Ronggur kepada Polisi. Pada saat Ronggur dibawa keluar, ia ditembak bagian dada oleh kelompok mafia yang masih hidup karna dendam. Ronggur pun akhirnya meninggal di depan sersan TB

Kelebihan film ini meceritakan bagaimana didikan keras seorang ayah yang beprofesi sebagai seorang militer. Film ini juga menyadarkan orangtua, apa yang terbaik dan yang diinginkan orang tua belum tentu baik dan diingnkan oleh sang anak. Film ini mengajarkan biarkanlah anak menentukan apa yang di inginkan dan yang dicita-citakan. Adanya Toleransi umat beragama juga menjadi point penting dalam film ini. Penyuguhan pemandangan indah Danau Toba dan kehidupan Danau Toba juga disuguhkan dalam film ini

Kelemahan dalam ini, penggunaan bahasa yang kasar Serta di pertontonkannya adegan kekerasan terdapat dalam film ini. Serta tidak diceritakannya bagaimana kehidupan Andini serta anaknya setelah kematian Ronggur. Apakah kehidupan Andini beserta anaknya aman dari mafia yang telah menembak mati Ronggur.

Fauzana Azizah & Annisa Zahara A

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *