KSR PMI Adakan Program Rutin Donor Darah

KSR PMI Adakan Program Rutin Donor Darah

KSR PMI Unit 04 UIN Suska kembali mengadakan donor darah bertema ‘UIN Suska Berdonor’. Pelaksanaan kegiatan bulanan ini berlangsung di Lapangan Sepak Bola UIN Suska, dimulai dari 08.30 WIB hingga 12.00 WIB, Rabu (1/3/2017).

Ketua Penyelenggara Muhammad Yazim mengungkapkan kegiatan donor ini merupakan program rutin KSR PMI untuk menggerakkan mahasiswa agar mau mendonorkan darahnya. Bagi mahasiswa yang ingin mendonorkan darah, KSR PMI akan kembali melakukan ‘UIN Suska Berdonor’ pada 15 Maret 2017. “Selain mahasiswa, pegawai dan dosen-dosen juga bisa ikut berdonor,” ungkapnya.

Selain itu, ‘UIN Suska Berdonor’ ini juga langsung dibantu oleh tenaga profesional dari Unit Donor Darah (UDD) Pekanbaru. Darah yang telah didonorkan akan langsung dibawa ke UDD. Kegitan ini juga rencananya dilaksanakan di Klinik UIN Suska. “Agar mahasiswa juga tahu bahwa UIN juga punya klinik,” ujarnya.

Sebelum melakukan donor darah, para calon pendonor akan dibimbing petugas yang ada di lokasi donor. Calon pendonor akan melalui tes kesehatan untuk mengetahui kondisi pendonor sedang dalam keadaan sehat atau kondisi tubuh kurang prima. “Nanti akan ada pengecekan golongan darahnya apa, HB atau tensinya berapa,” jelasnya.

Yazim juga mengajak bagi yang ingin berdonor untuk tidak percaya mitos simapng siur yang mengatakan setelah berdonor akan menyebabkan kegemukan dan sebagainya. Menurutnya, bayak manfaat yang didapat setelah donor darah. “Semoga dengan adanya kegiatan donor darah seperti ini mahasiswa sadar akan pentingnya mendonor,” tutupnya.

Penulis: Syahidah Azizah Sipayung**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *