Ini Penyebab UIN Suska Riau Tak Punya Sekuriti

BEM UIN Suska gelar aksi damai memperingati hari jadi ke 12 UIN Suska Riau. Dalam aksi itu, salah satu tuntutan BEM, mendesak pihak rektorat segera menyelesaikan masalah kekosongan sekuriti. (foto: istimewa)

gagasanonline.com – Sejak Januari 2017 keamanan kampus UIN Suska Riau dijaga oleh Resimen Mahasiswa (Menwa). Ini dikarenakan kontrak kerja antara pihak rektorat dengan petugas sekuriti telah berakhir pada akhir Desember 2016, sehingga untuk mengisi kekosongan, pihak rektorat meminta Menwa menjaga keamanan kampus sampai ada sekuriti baru.

Kepala Biro Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan Eramli Jantan Abdullah mengungkapkan bahwa kekosongan sekuriti terjadi karena keterlambatan lelang. Sejak berakhir kontrak dengan sekuriti, pihak rektorat tak kunjung mengadakan lelang. Padahal lelang seharusnya sudah dilakukan pada Desember 2016.

Menurut Eramli keterlambatan tersebut karena rektorat menghadapi berbagai kendala dan pihak kampus sedang melakukan perbaikan tata kelola administrasi. Kata Eramli, saat ini pihak rektorat tengah berupaya melakukan tender.

Sedangkan tahun 2016, rektorat melakukan rekrutmen tenaga sekuriti secara mandiri. Sistem rekrutmen pegawai lepas ini tidak mendapat izin dari Pemerintah dan UIN harus kembali ke sistem lelang untuk pengadaan tenaga keamanan.

Sistem rekrutmen tenaga lepas hanya boleh dilakukan jika pegawai yang dibutuhkan tak lebih dari enam orang. Sedangkan UIN membutuhkan banyak tenaga keamanan. “Dalam aturan memang harusnya dengan pihak ketiga (perusahaan penyedia jasa tenaga keamanan),” kata Eramli.

Selanjutnya Eramli menuturkan, perbaikan tata kelola aministrasi yang telah dilakukan diharapkan mampu mengangatasi dan mencegah terjadinya ketimpangan-ketimpangan administrasi yang acap kali terjadi di UIN Suska.

“Perbaikan-perbaikan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” kata Eramli. Terkait lelang pengadaan tenaga sekuriti, Eramli mengatakan, tender tersebut akan selesai pada Maret nanti. “Teramasuk (lelang) tenaga cleaning service juga akan mulai awal Maret,” ungkapnya.

Penulis: Abdul Hanif Fani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.