PBA, HMJ Pertama di FTK yang Gunakan E-voting.

PBA, HMJ Pertama di FTK yang Gunakan E-voting.

 

gagasan-online.com – Pemilihan  Raya (Pemira) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 2017 menggunakan e-voting. Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM), Angga Saputra mengatakan, jurusan PBA adalah HMJ pertama di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengguanakan sistem e-voting dalam meilih ketua HMJ, Kamis (05/01/2017).”Dilihat dari antusias, insya Allah sukses. Karena sangat memudahkan mahasiswa memilih kandidat pilihan mereka,” ungkap Angga.

Angga juga mengatakan, penggunaan e-voting sendiri merupakan hasil karya mahasiswa PBA, tanpa ada bantuan dari pihak lain. Sistem yang digunakan ialah LAN ad hoc (berbasis wifi), sehingga laptop client terhubung ke server mengguanakan jaringan wifi. Dengan sistem e-voting, ia menuturkan tidak akan ada peluang kecurangan saat memilih.

“Karena setiap mahasiswa pemilih, sudah terdaftar di database server menggunakan NIM. Sehingga tidak akan ada kecurangan yang akan terjadi,” tuturnya.

Pada saat debat kandidat, ketua BEM FTK, BLM dan Wakil Presiden mahasiswa terpilih ikut serta menghadiri debat kandidiat yang diadakan pada selasa (03/01/2017). Banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada msing-masing kandidat, dan mereka dapat menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan visi dan misi mereka.
Saat Debat Kandidat selasa (03/01/2017).
Penetapan hasil Pemira HMJ PBA UIN Suska Riau 2016 yang diadakan di Gedung Belajar PBA berlangsung lancar. Penetapan hasil Pemira dibuka pukul 17.00 WIB, sempat menunggu tim sukses tapi penghitungan tetap dilaksanakan.
Hasil penghitungan, nomor urut satu, Rifqi Abdi – Muhammad Rangga, memperoleh 97 suara. Nomor urut dua, Rahmat Basuki – Muhammad Rajab Lubis, mendapatkan sebanyak 196 suara. Jumlah pemilih tetap berjumlah sekitar 500, yaitu dari semester satu, semester tiga, semester lima, dan semester tujuh.

Penulis: Rofiq Nur Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *