Lagi, Jamaah Masjid Al Jami’ah Kehilangan Barang Berharga

gagasanonline.com — Usai salat zuhur berjamaah, dosen UIN Suska Widiarto tak lagi dapat melihat tas ransel abu-abu miliknya, Kamis (08/12/2016). Ia meletakkan tas itu di tiang Masjid saat sedang salat berjamaah di Masjid Al Jami’ah UIN Suska Riau.

Di dalam tasnya itu berisi tablet  dan kertas nilai ulangan tengah semester (UTS) mahasiswa ilmu komunikasi. Kerugian ditaksir sekitar Rp3.5 juta.

Mendapati hal itu, ia kemudian mencari dan melacak keberadaan tas tersebut. Ia langsung tancap gas dengan sepeda motornya dari Jalan Buluh cina hingga ke Garuda Sakti. Berharap menemukan pelaku yang mengambil tasnya, namun hasilnya nihil. “Syukur-syukur ketemu tasnya,” ujarnya.

Kejadian kehilangan barang berharga juga menimpa jamaah lainnya. Dalam kurun waktu delapan bulan terakhir ini telah terjadi sekitar sepuluh kali kasus kehilangan di Masjid Al Jamiah UIN Suska, dua sepeda motor dan delapan tas berisi laptop. Pengurus masjid tidak berdaya mengatasi kejadian kehilangan barang karena masjid tidak dilengkapi kamera pengawas.

Namun pihak pengurus masjid mengimbau serta mengingatkan jamaah agar lebih berhati-hati. Untuk parkir, belum ada pengamanan dari pihak keamanan kampus maupun pengurus masjid sendiri. “Untuk motor kami imbau agar dikunci ganda,”kata Aris Munandar, pengurus masjid.

Meskipun begitu pihak masjid berencana akan mengusahakan pengadaan kamera pengawas di masjid. Pada awal masjid dibuka untuk umum Ramadan lalu, pihak rektorat juga berencana melakukan pengadaan loker penyimpanan.

Namun hingga kini belum terealisasi karena rektorat lebih fokus terhadap penyelesaian pembangunan masjid.

Penulis: Amal Rizki Riadhy**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.