Ayut Di Mata Teman-temannya, Sosok Yang Pengertian dan Bertanggung Jawab

Ucapan kesedihan yang dirasakan teman-teman Ayut dalam Media sosial
gagasan-onlien.com: Musibah kembali menimpa mahasiswa UIN Suska Riau yang melaksanakan Kuliah Kerjan Nyata (KKN) tahun 2016. Kerjadian yang terjadi di Perairan Beting Aceh Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara terjadi pada hari Selasa (09/08/2016).

Sri Winarti, 20 th, perempuan Mahasiswa UIN Jurusan Manajemen, berasal dari Kecamatan. Bagan Batu Kabupaten Rohil, dan Ayut Rumpoko, laki-laki, Mahasiswa UIN Jurusan Agroteknologi berasal dari Kecamatan Petalangan Kabupaten Pelalawan.

Rektor UIN Suska Riau, Prof Munzir Hitami, mengungkapkan pihak rektorat langsung turun ke lokasi kejadian pada hari itu juga. Ia juga menyangkan musibah yang terjadi, namun ia berharap untuk mahasiswa lain agar berhati-hati terutama yang berada di dekat aliran sungai dan laut dan hutan agar tidak terulang kembali kejadian ini. “Dari LPPM sudah mengurus, dan dari dekan-dekannya juga,” kata Munzir saat ditemui di Gedung rektorat. Kamis, (11/08/2016).
Ayut(kanan) dan Sri(kiri)

Menurut lapsik (laporan forensik) di daerah setempat kejadian terjadi sekitar pukul 11.00 WIB setelah melakukan survei untuk kegiatan Penanaman Pohon. Mereka berangkat dengan Kapal Pompong sekitar jam 8.00 WIB dengan 14 anggota yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan.

Kejadiaan naas tersebut bermula setelah semua anggota KKN berenang bersama. Karena arus dalam air yang deras membuat Tedi dan Sri terbawa arus. Dengan cepat Ayut dan temannya yang lain langsung membantu. Namun hanya Tedi dan temanya yang kembali ke daratan. Sedangkan Ayut yang berusaha menolong terbawa arus gelombang bersama Sri. 


Tanpa pikir panjang seluruh teman-teman korban langsung mencari pertolongan untuk mencari korban. Setelah 30 menit melakukan pencarian, korban Sri ditemukan terlebih dahulu. Sri yang masih bernafas langsung dibawa ke Puskesmas Desa Suka Damai namun korban tidak dapat diselamatkan.
Setelah mendapat informasi tersebut anggota Polair, Polsek, TNI AL, Syahbandar Rupat Utara dan Masyarakat sekitar melakukan pencarian korban Ayut, Sekira pukul 13.30 WIB, korban ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Dalam media sosial banyak ucapan bela sungkawa dari teman-teman dan orang yang mengenal korban. Seperti dalam akun Instagram milik ayut yaitu @ mr.ayut_roem beberapa teman korban menulis tentangnya. “Hay ayut, kau tau kan yut kalau kami sayang samamu…. kamu orang baik yut, kita ketawa bareng, nangis bareng, makan bareng, bahkan tidur di KBM di rumput rame,… aku sering banget ngejekin tanda tanganmu yg kaya rumput itu…. semalam aku dan kawan di Posko udah melaksanakan solat ghaib untukmu sahabat…. maaf ngak bisa datang ke penguburanmu yut, tapi aku tau mu orang yang paling mengerti, baik, dan bertanggung jawab” tulisnya akun @khusna_khamila.

Putri yang juga temanya Ayut satu jurusan di Peternakan juga merasa kehilangan atas kepergian ayut. Ayut adalah orang yang ramah dan juga santun. Ia tidak menyangka pertemuanya sebelum keberangkatan KKN menjadi pertemuanya terakhir kali. “Baru aja kemarin rasanya dia menyapa, sekarang malah dapat kabar ini,” tutur Putri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.